Tips Merawat Kulkas

sumber image:google.com

Kulkas untuk kebutuhan kehidupan sehari-hari memang sangat membantu dan dibutuhkan. Apalagi kegunaannya sangat penting untuk menyimpan sayur-sayuran, buah-buahan, bumbu, minuman kaleng, minuman dalam botol,  sampai untuk  menyimpan sisa makanan untuk dipanaskan kembali keesokan hari.

Untuk menjaga agar kulkas lebih awet dan tidak cepat rusak, harus dilakukan perawatan dan dijaga kebersihannya.

Ada beberapa tips untuk merawat kulkas Anda agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

1. Usahakan Pintuk Kulkas Harus Tertutup Rapat

Harap diinformasikan ke seluruh keluarga, apalagi jika mempunyai anak yang masih di bawah 10 tahun, biasanya mereka senang sekali untuk membuka-buka kulkas karena ingin mengambil es krim, jelly, atau minuman dingin, saking  asiknya kadang mereka lupa untuk menutup kembali pintu kulkas dengan rapat. Sering di cek kembali apakah pintu kulkas sudah tertutup dengan benar atau belum.

Kondisi lemari es memiliki suhu yang lebih rendah dari ruangan di depannya, dengan menutup pintu kulkas secara benar, artinya akan menjaga suhu di dalam lemari es tetap dingin dan mencegah udara luar masuk.

2. Atur Temperatur Secara Berkala

Cek secara berkala temperatur lemari es Anda, jika terjadi pemadaman listrik atau sedang membersihkan kulkas, jangan lupa untuk mengatur kembali temperatur kulkas. Untuk suhu di dalam lemari es tidak lebih dari 4 derajat celsius agar sisa makanan tidak cepat basi.

Sedangkan untuk temperatur freezer diatur suhunya dibawah 0 derajat celcius agar kulkas tidak bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kebekuan es. Dengan demikian es di dalam kulkas tidak mudah mencair.

3. Isi Sesuai Kapasitas Jangan Berlebihan

Isi kulkas Anda sesuai dengan kapasitas, jangan diisi berlebihan karena bisa mempengaruhi sirkulasi udara di dalam kulkas. Akibatnya suhu di dalam kulkas menjadi tidak dingin.

Hindari juga menaruh barang-barang yang memiliki beban berat, seperti botol besar dirak yang berada di bagian depan pintu kulkas, karena bisa membuat pintuk kulkas cepat rusak.

4. Jangan Memasukkan Makanan atau Minuman Yang Kondisinya Masih Panas

Memasukkan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas sebenarnya cukup berbahaya, terutama bila menggunakan wadah kaca. Perubahan suhu dari panas ke dingin yang sangat dratis bisa membuat kaca pecah. Selain bisa membuat pecah juga bisa mempengaruhi temperatur suhu lemari es.

Suhu panas dari makanan atau minuman akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras untuk membuat suhu di dalam kulkas tetap dingin.

Sebaiknya sebelum memasukkan makanan dan minuman yang kondisinya masih panas di diamkan dulu beberapa menit di luar kulkas sampai suhunya sama dengan suhu ruangan. Baru di masukkan ke dalam kulkas.

5. Posisi Tempat Kulkas

Saat pertama kali Anda memiliki kulkas sebaiknya letakkan posisinya jauh dari dapur, karena pada umumnya posisi kulkas diletakkan di dekat dapur agar mudah mengambil bahan makanan atau minuman. Memang tidak ada salahnya tapi kalau bisa jangan dekat dapur karena suhu panas dari kompor dapat mengurangi kinerja lemari es.

Untuk jarak dari dinding tembok usahakan jaraknya 20 cm dari dinding, mengapa ini dilakukan karena untuk memberikan ruang sirkulasi udara pada kondensor. Jangan letakkan kulkas di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.

6. Saat Listrik Padam Pintu Kulkas Jangan Dibuka

Jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, ingat jangan dibuka pintunya biarkan saja seperti semula agar kulkas tetap dapat menjaga suhu di dalamnya tetap sejuk saat listrik padam.

Demikian beberapa tips untuk menjaga kulkas Anda tetap awet dan tidak cepat rusak.

Jika kulkas Anda mengalami masalah hubungi jasa service kulkas langganan Anda atau bisa hubungi kami untuk membantu memperbaiki kulkas Anda yang bermasalah.